Kamis, 12 Juli 2012

Mengenal Supernet Dan Fungsinya Dalam Jaringan Komputer


jaringan komputerApa Itu Supernet ? Supernet  adalah sebuah konsep diciptakan dalam menanggapi kekurangan dari sistem “classful” untuk menangani internet protocol (IP) addresses didistribusikan ke dalam pools of pre-defined size yang dikenal sebagai blok. Supernetting ini memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan ukuran jaringan mereka dan mengurangi kebutuhan peralatan routing jaringan dengan menjumlahkan rute yang terpisah.
Dengan supernets dan sistem pengalamatan classful, alamat IP dibagi menjadi minimal dua bagian: pengenal jaringan komputer yang menentukan suatu jaringan, dan pengenal host yang menentukan komputer atau perangkat lain pada jaringan. Panjang keseluruhan dari alamat IP terbatas, sehingga ukuran satu identifier membatasi ukuran yang lain. Sebelum konsep supernet, alamat IP dibagikan dalam bentuk balok, menurut sebuah “class” yang menentukan berapa banyak alamat didedikasikan untuk kedua jenis identifier.
Pada Address “Class A”, identifier jaringan cukup singkat, menyebabkan ruang untuk keperluan ini hanya 127 blok jaringan, sedangkan panjang relatif pengenal host memungkinkan masing-masing 127 jaringan memiliki lebih dari 16 juta host. Dua kelas umum lainnya adalah Class B, yang dapat mendukung hingga 65.534 host dan 16.384 jaringan, dan Class C, yang memungkinkan hanya 254 host, tetapi lebih dari dua juta jaringan.
Gagasan tentang supernet diciptakan dalam menanggapi beberapa masalah dengan sistem pengalamatan classful. Banyak perusahaan dan organisasi yang memerlukan lebih dari 254 host tersedia dari blok jaringan Class C, tetapi jauh lebih sedikit dari 65.534 address yang diberikan dalam blok class B. Akibatnya, organisasi menengah banyak ditugaskan blok kelas B tetapi digunakan hanya bagian dari 65.534 alamat yang diberikan, yang menyebabkan kekurangan yang tak terelakkan alamat kelas B.
Selain itu, pertumbuhan yang cepat dari situs-situs baru dan tujuan jaringan mulai menempatkan beban yang berat pada rute peralatan yang harus menyimpan lebih banyak informasi dan lebih ke pencapaian peningkatan jumlah jaringan dan host. Pada tahun 1993, Internet Engineering Task Force (IETF), secara resmi mendukung konsep supernet untuk mengatasi masalah ini.
Penjelasan selanjutnya mengenai apa itu supernet adalah juga dikenal sebagai classless interdomain routing (CIDR), menghilangkan pengelompokan sebelum classes. Sebuah supernet dasarnya adalah sekelompok blok jaringan yang lebih kecil atau subnetwork yang diperlakukan sebagai jaringan tunggal yang besar. Jaringan pengidentifikasi dalam supernet dapat memungkinkan ukuran jaringan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Dua blok kelas C, misalnya, dapat menjadi supernetted dengan total lebih dari 500 alamat. Sistem ini juga memungkinkan rute agregasi, yaitu kelompok informasi routing untuk berbagai host atau jaringan ke dalam satu rute yang dipersingkat “summarized”.
Walau punya kelebihan, konsep supernet memiliki beberapa kelemahan, terutama meningkatnya kompleksitas dalam CIDR dibandingkan dengan sistem pengalamatan classful dan kebutuhan untuk protokol routing baru yang mendukung CIDR. Kemampuan untuk menyesuaikan panjang pengenal jaringan dibuat lebih sulit bagi administrator sistem untuk membedakan antara pengenal jaringan dan pengenal host. Untuk mengatasi masalah ini, gaya baru penulisan alamat IP diperkenalkan. Dalam model baru ini, yang disebut notasi CIDR, atau notasi garis miring, garis miring berikut alamat IP, yang diikuti dengan jumlah bit yang digunakan untuk network ID. Contoh : 192.168.25.5/24, maka 24 bit pertama dari alamat tersebut adalah identitas jaringan, sedangkan sisanya delapan bit adalah identifier host.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...