Kamis, 18 Oktober 2012

Intel Xeon Phi, Prosesor Super Dengan 50 Core

Intel adalah prosesor yang digunakan lebih dari 300 super komputer yang ada di situs Top 500, namun posisi nomor satu dipegang oleh super komputer yang ditenagai oleh prosesor buatan IBM.
Produsen prosesor x86 terbesar ini pun melanjutkan pengembangan prosesor super Knight Corner yang kini namanya menjadi Xeon Phi yang dilengkapi 50 core disetiap chipnya.

Intel mengatakan bahwa kehadiran prosesor Xeon Phi ini akan membawa dunia super komputer pada loncatan kinerja exascale atau 1000 petaflops atau seribu kalkulasi per detik.
Prosesor yang digunakan oleh komputer rumahan saat ini paling banyak menggunakan 8 inti/core, bandingkan dengan chip Xeon Phi ini yang menggunakan 50 core di setiap chip-nya.
Bagaimana Intel dapat memasukan jumlah core hingga sebanyak itu? Rahasianya, Intel menggunakan basis Ivy Bridge dengan proses produksi 22 nanometer dengan teknologi 3D Tri-gate Transistor yang dikombinasikan dengan sistem Many Intergrated Cores (MIC) yang memungkinkan Intel memasukan banyak core di Xeon Phi.

Prosesor super besutan Intel ini memang bukan untuk pengguna rumahan, namun untuk server dan super komputer. Prosesor Xeon Phi ini bertindak sebagao co-processor atau membantu prosesor utama saat bekerja.

Intel juga mengklaim prosesor Xeon Phi ini cukup efisien dan mampu menghasilkan kinerja 4 hingga 5 gigaflops per watt.
Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, prosesor Xeon Phi ini diperkirakan akan memasuki pasar pada akhir tahun 2012.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...