Jumat, 26 April 2013

Ciri-Ciri Kerusakan Pada Notebook Atau Laptop

Bagi pengguna Laptop atau Notebook mungkin masih banyak yang bingung membedakan kerusakaan yang terjadi pada laptop atau notebook yang mereka miliki. Ketika terjadi kerusakan dan dibawa ke tempat service biasanya jika tukang service yang curang selalu bilang yang rusak adalah bagian hardware atau perangkat keras Notebook tersebut, dan harus diganti. Padahal belum tentu yang rusak itu adalah hardware atau perangkat keras Notebook yang kita miliki. Kali ini saya akan share tentang Ciri - Ciri Kerusakan Hardware Notebook agar dapat membantu anda dalam menentukan apakah hardware atau software yang rusak, biasanya harga penggantian hardware lebih mahal dibandingkan software.

1. Ciri Kerusakan Pada LCD Notebook/Laptop :
Layar tidak tampil gambar, menyala tapi yang terlihat garis-garis vertikal, tampak blok hitam, dan gambar tidak simetris atau acak.
Solusi : Coba anda cek terlebih dahulu konektor atau soket-soket yang berhubungan dengan monitor.

2. Ciri Kerusakan Pada Keyborad Notebook/Laptop
Beberapa tuts pada keyboard tidak berfungsi, keluar bunyi 'beep' panjang pada saat Notebook/Laptop dinyalakan, cursor berjalan tidak stabil atau bergerak sendiri. Jika kerusakaan lebih parah biasanya terjadi konslet dan ini menyebabkan Notebook/Laptop setelah booting akan mengalami restart terus.

3. Ciri Kerusakan Pada Memory Notebook/Laptop
Pada saat Notebook/Laptop dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, blue screen pada saat mulai loading operating system. Bisa juga keluar suara 'beep' berulang-ulang.

4.Ciri Kerusakan Pada Motherboard / IC Regulator Notebook/Laptop :
Dihidupkan agak sulit, baterai tidak mau discharge, mati total. Indikator charger nyala, tetapi setelah dicarge lampu indikator pada charger mati (konslet). Jadi terjadi arus balik pada powernya.

5. Ciri Kerusakan Pada Charger Notebook/Laptop :
Baterai tidak mau dicharge, tidak ada indikator power masuk, Notebook/Laptop dicharger pada posisi hidup malah kemudian mati. Layar bergetar tidak stabil.

6. Ciri Kerusakan Pada DVD / CD Room Notebook/Laptop :
Tidak dapat membaca media dari CD/DVD, indikator CD off.

7. Ciri Kerusakan Pada Hardisk Notebook/Laptop :
Loading data/system lambat, berbunyi tidak normal, tidak dapat masuk sistem operasi, belum sampai login ke sistem operasi sudah restart sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...