Minggu, 21 April 2013

Membuat Booting HirenBootCD melalui USB Flashdisk

HirensBootCD adalah sebuah CD Bootlable yang berisi sekumpulang tools mujarab yang memiliki fungsi serbaguna. Bukan hanya untuk memperbaiki komputer yang crash, tapi tool ini juga berguna untuk memperbaiki problem komputer lainnya. Bagi seorang teknisi karbidatan seperti saya, hirensboot tidak asing lagi di telinga saya dan merupakan  software ajaib yang mujarab untuk membantu pekerjaan saya seperti cloning hardisk dengan Norton Ghost, backup data-data penting, recovery file yang terhapus bahkan memperbaiki hardisk yang bad sector juga bisa.
Keunggulan dari HirensBootCD selain bisa di download gratis, juga penginstallannya tidak serumit yang kita kira. Memang sesuai namanya HirenBootsCD sejatinya hanya bisa di jalankan pada CD/DVD, tetapi bukan seorang teknisi dong kalau tidak bisa memutar otak supaya HirensBootCD bisa di jalankan melalui media lain seperti USB :P . Okay kita mulai saja step by step Cara Booting Hiren'sBootCD lewat USB.
1) Download Gratis HirensBootCD nya DISINI . Dalam tutorial ini saya pakai HirensBoot versi lama yaitu 9.9
2) Format FlashDisk anda dengan tools  USB Disk Storage Format dengan filesystem FAT
3) Setelah proses formating selesai, silakan download dan ekstrak lagi tools grub4dos.zip . Setelah selesai ekstrak, buka folder grub4dos dan jalankan file grubinst_gui.exe, lakukan step seperti gambar di bawah ini 
src="http://dunovteck.files.wordpress.com/2012/01/grub4dos_steps.png" border="0" height="400" width="248">
note: jangan sampai salah pilih Disk !!

4) Masukan semua file HirensBootCD yang telah kalian download dan ekstrak ke USB flashdisk. Sehingga tampilan root usb flashdisk kalian seperti dibawah ini:

5) Step Terakhir download file menu.lst dan grldr DISINI dan jangan lupa ekstrak. Lalu copykan 2 file tersebut ke dalam root USB Flashdisk kalian. Dan HirensBoot siap di gunakan dan jangan lupa ganti boot pertama di bios anda ke flashdisk.




Tampilan saat booting di bios :



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...