Rabu, 05 Juni 2013

Ciri-Ciri Rusaknya Baterai CMOS Pada Komputer!

Kali ini ingin share nih mengenai salah satu bagian troubleshoting komputer yaitu troubleshoting untuk kerusakan baterai CMOS.

Berhubung kemarin saya dapat job service komputer yang keluhannya adalah sering mengalami hang dan setelah hang komputer tersebut akan black display ( dalam keadaan hidup tp gk mau masuk startup bios ) di matikan dan di hidupkan lagi tetap sama hingga di tunggu beberapa menit baru bisa, tetapi setelah itu hang lagi ! saya pun bingung tapi saya coba cek ternyata salah satu perintah eror muncul ketika saya menghidupkan komputer tersebut adalah ( CMOS Eror ).

cmos eror

Apa kah mungkin hanya gara-gara baterai CMOS yang rusak komputer jadi hang dan black display ? itu pikir saya, saya hanya mengira bahwa jika baterai CMOS rusak paling hanya tanggal , bulan dan tahunnya saja yang tereset serta pengaturan bios yg ke set default lg ternyata tidak teman karena rusaknya baterai CMOS itulah komputer tersebut sering hang dan black display jangan anggap sepele ya masalah rusaknya baterai CMOS ini karena jika terlalu lama di biarkan akan merusak chip Bios pada komputer yang akan mengakibatkan kerusakan permanen pada mainboard.

Berikut Akibat dari kerusakan Baterai CMOS biar lebih jelas :

1. Pengaturan tanggal,bulan,dan tahun akan berubah menjadi default.
2. Begitu pula dengan pengaturan BIOS akan kembali ke default.
3. Menyebabkan hang ditengah-tengah pengoperasian dan startup.
4. Menyebabkan Komputer Black display .
5. Kerusakan permanen pada mainboard jika baterai CMOS yang sudah rusak tetap dibiarkan dan tidak diganti dengan yang baru.

Sekian
Semoga bisa sedikit membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...