Kamis, 12 Juli 2012

Sharing Printer Pada Jaringan


Tips Sharing PrinterTips Sharing Printer Pada Jaringan, seperti yang Anda ketahui, kita dapat berbagi printer tunggal di beberapa komputer yang ada di jaringan komputer yang sama, atau dengan kata lain yang terhubung ke router yang sama. Di sini saya akan membahas beberapa tips untuk membantu Anda dalam menggunakan printer secara bersama dan menggunakannya melalui komputer Anda yang lain.
Pastikan Printer anda dalam Mode Share
Keluaran paling modern sampai tingkat menengah printer memiliki steker jaringan (Ethernet) atau terintegrasi nirkabel (Wi-Fi) sehingga Anda dapat lebih mudah berbagi pada jaringan. Jika hal ini anda temukan, baca buku manual untuk melihat bagaimana berbagi printer pada jaringan. Jika mendukung Wi-Fi dan memiliki layar built-in pada printer itu sendiri, Anda bisa menemukan cara terhubung ke router nirkabel melalui menu pada layar. Jika hanya memiliki steker jaringan, hubungkan ke salah satu dari empat port di belakang router anda dengan kabel Ethernet.
Jika Anda menggunakan Windows XP untuk berbagi printer Anda, perlu dipastikan bahwa Printer Sharing diaktifkan untuk koneksi adaptor jaringan. Melalui Start Menu atau Control Panel, buka jendela Network Connections, klik kanan koneksi yang Anda gunakan, dan klik Properties. Kemudian pastikan File and Printer Sharing Microsoft Networks diaktifkan.
Add Printer dengan Komputer Browsing
Setelah printer dishare, Anda dapat mencoba menambahkannya ke komputer lain sehingga Anda dapat menggunakannya mencetak. Pertama, cobalah browsing ke komputer jika berbagi melalui Windows atau browsing langsung ke printer jika terhubung langsung ke router Anda.
Jika Anda menambahkan printer ke Windows XP, klik Start> My Network Places. Jika menambahkan ke Windows Vista atau setelah, klik Start Komputer> kemudian klik shortcut Network pada panel kiri. Jika Anda melihat komputer yang berbagi printer atau printer itu sendiri, silahkan buka. Kemudian Anda dapat klik kanan printer dan pilih Connect. Ini secara otomatis akan menambahkan printer share ke Windows.
Tambahkan sebagai Local Printer dengan Menggunakan Network Path
Kadang-kadang pengaturan atau kebetulan tidak dikenal di Windows akan mencegah komputer membaca printer pada jaringan. Dengan demikian Anda tidak dapat menambahkan printer dengan browsing ke komputer/printer seperti yang dibahas pada tip sebelumnya. Namun, Anda kadang-kadang bisa menyiasati hal ini dengan menambahkan printer ke komputer. Selanjutnya, bukan menambahkannya sebagai printer jaringan, Anda menambahkannya sebagai printer lokal tetapi menentukan jalur jaringan.
Berikut adalah cara untuk melakukannya pada Windows XP:
  1. Klik Start > Printer dan Faks.
  2. Klik Add Printer di sebelah kiri.
  3. Klik Next.
  4. Pilih Local printer yang terpasang ke komputer ini dan klik Next.
  5. Pilih Create New Port, pilih Local Port untuk Jenis Port, dan klik Next.
  6. Untuk Nama Port, masukkan jalur jaringan ke printer dengan memasukkan garis miring, nama komputer atau alamat IP lokal PC berbagi printer, dan kemudian nama share printer. Sebagai contoh “ dellpchpprinter” atau “ 192.168.1.100hpprinter”
  7. Pilih printer dan klik Next. Jika model yang tepat tidak tercantum, coba nomor model paling dekat atau printer generik.
  8. Ikuti perintah wizard sampai selesai.
Pada Windows / 7:
  1. Klik Start > Devices and Printer
  2. Klik Add Printer.
  3. Pilih Add a Printer lokal.
  4. Pilih Create a new port, pilih Local Port untuk Jenis Port, dan klik Next.
  5. Untuk Nama Port, masukkan jalur jaringan ke printer dengan memasukkan garis miring, nama komputer atau alamat IP lokal PC berbagi printer, dan kemudian nama share printer. Sebagai contoh “ dellpchpprinter” atau “ 192.168.1.100hpprinter”
  6. Pilih printer dan klik Next. Jika model yang tepat tidak tercantum, coba nomor model paling dekat atau printer generik.
  7. Ikuti sisa wizard sampai selesai.
Periksa Firewall
Jika Anda tidak dapat menambahkan printer bersama ke komputer lain dengan dua metode yang kita diskusikan, firewall pada komputer yang berbagi printer mungkin memblokir koneksi. Ini biasanya lebih kasuistik jika Anda menggunakan firewall pihak ketiga atau program antivirus yang memiliki firewall di samping atau sebagai pengganti Windows Firewall yang disertakan dengan Windows secara default.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...