Rabu, 05 Juni 2013

Cara Mengganti Baterai CMOS Notebook Untuk Mengatasi Checksum Error

 Pernahkah agan tiba-tiba gagal melakukan koneksi dial-up padahal tidak ada kerusakan dari modem maupun gangguan operator? Pernahkah agan heran melihat pengaturan tanggal dan waktu yang berubah ke default setelah notebook/komputer dimatikan? Pernahkah agan melihat pesan kesalahan "checksum errors" pada saat menyalakan notebook? Itu semua merupakan beberapa gejala umum yang menunjukkan bahwa baterai CMOS telah rusak atau sudah habis daya listriknya.
CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah baterai kecil yang fungsinya adalah memberi daya pada BIOS untuk menyimpan konfigurasi komputer pada saat komputer dimatikan, CMOS juga berperan untuk menjaga agar hitungan tanggal dan waktu komputer tetap berjalan meskipun komputer tidak dihidupkan dalam jangka waktu lama sekalipun.
Nah.. jika pada PC/komputer, agan bisa mengganti CMOSnya dengan mudah karena posisinya mudah diketahui (di dekat chipset southbridge atau dekat chipset BIOS atau dekat jumper BIOS) dan juga mudah di lepas. Berbeda halnya jika pada notebook, CMOSnya memang terlihat jelas, tetapi konektor kabel CMOS yang menancap pada motherboard posisinya cukup tersembunyi.


Sebelum itu, kita kenalan dulu nih dengan para asisten, inilah beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam operasi kali ini, hehe.
Sekarang saya akan berbagi pengalaman saya tentang bagaimana cara mengganti baterai CMOS pada notebook, sebenarnya cukup mudah, tetapi mungkin ada perbedaan dalam cara melakukannya tergantung merk notebook yang digunakan.


Kali ini saya akan praktek di depan agan menggunakan notebook saya sendiri Anote C-9456B model M74s, karena kebetulan CMOSnya sedang habis. Pertama-tama buka tutup bawah chasing seperti gambar di atas. Kemudian lepas konektor power fan sebelum melepas tutup chasing agar kabel power fan tidak putus.


Kemudian lepas tutup chasingnya sehingga terlihat seperti gambar di atas. Nah, perhatikan benda bulat berlapis karet berwarna hitam di sebelah kanan modul memory RAM. Itulah baterai CMOS yang akan kita ganti.


Kalau masih belum jelas, ini nih.. saya zoom lagi biar kelihatan. Benda bulet imut-imut inilah yang namanya CMOS.


Supaya nggak bikin ribet, lepas sementara heatsink processor. Tapi processornya biarkan saja menancap di tempatnya.


Lepas juga harddisk, kemudian buka baut-baut pada bagian tengah, bagian kanan, dan bagian bawah.


Setelah setengah bagian chasing sudah dilepas bautnya, yaitu bagian kanan dan bawahnya, buka sedikit bagian kanan bawah chasing lalu ganjal dengan gagang obeng.


Cungkil konektor CMOS dengan bantuan obeng kecil agar terlepas, hati-hati ya.. jangan sampai kabelnya putus.


Nah.. ini nih si mungil yang namanya CMOS. Kita tidak perlu mengganti semuanya, ganti saja baterai di dalamnya, nah lho? gimana bisa? bisa..


Buat sayatan pada bagian tepi baterai lalu lepas baterainya. Ganti dengan baterai yang baru dan posisikan sama persis dengan baterai yang lama. Bagian yang tercetak tulisan pada karet adalah posistif (+) dan bagian yang tercetak bintik-bintik pada karet adalah negatif (-), jangan terbalik ya.


Jangan lupa apitkan kedua lempengan logam pada baterai baru. lempengan dari kabel merah tempelkan pada sisi positif (+) dan yang dari kabel hitam tempelkan pada sisi negatif (-). Tutup kembali karetnya dan buatlah seerat mungkin lalu tutupi semua bagian karet dengan selotip agar tidak ada lubang bekas sobekan yang terbuka dan agar lempengan menempel lebih rapat ke baterai.


Nah.. gambar di atas adalah hasilnya, hehe.. selotipnya agak belepotan, tapi yang penting rapat dan kuat.


Nah.. sekarang tancapkan konektornya dengan bantuan obeng kecil lalu pasang kembali semua perangkat yang dilepas dan jangan lupa dibaut lagi ya. Sekarang agan bisa menyalakan notebook agan lalu setting BIOSnya kemudian restart. Nah lho.. kok CMOS checksum error masih muncul? jangan panik, itu pasti terjadi, bukan berarti usaha agan gagal, tetapi ada satu hal yang perlu dilakukan, yaitu settinglah BIOS dengan menggunakan  keyboard eksternal, bukan keyboard yang menempel di notebook. Jika cara ini sudah agan lakukan, checksum error pasti tidak akan muncul lagi, selama CMOS masih belum habis.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...