Rabu, 05 Juni 2013

Mengganti Baterai CMOS Laptop Axio0

Mengganti baterai CMOS LaptopDi laptop ada baterai CMOS-nya tidakDimana letak baterai CMOS Laptop? Saya sudah bongkar laptop dan mencari baterai CMOS-nya tapi dimana ya letaknya? Di hari yang lalu teman saya bertanya seperti itu karena setiap kali menyalakan laptop muncul peringatan “CMOS Checksum Bad Error“.
Salah satu akibatnya kalau baterainya CMOS sudah habis adalah pengaturan waktu pada komputer akan kembali ke waktu default pabrik ketika laptop tersebut pertama kali dinyalakan. Selain itu setiap pengaturanBIOS yang kita rubah akan kembali pada pengaturan default ketika laptop tersebut dimatikan. So, bagaimana mengganti baterai CMOS laptop?
Laptop teman saya ini Axioo Neon MNC warnanya hitam kurang lebih tampilannya seperti ini  .
Yang diperlukan dalam penggantian Baterai CMOS ini:
  1. Obeng
  2. Baterai CMOS yang baru dan sama tipenya dengan baterai CMOS yang lama. Supaya tidak bingung bawa saja contoh baterai lamanya ke toko komputer / elektro.
  3. Laptop yang akan diganti baterai CMOS-nya 

Pada Axioo Neon MNC ini letaknya baterai CMOS dekat dengan RAM dan terlihat kabelnya tanpa harus membongkar semua body laptopnya. Tapi karena tertempel saya lebih memilih untuk membongkar semuanya  .
Letak baterai CMOS dekat dengan RAM dan biasanya baterai CMOS terbungkus oleh plastik, untuk menggantinya kita tinggal buka saja plastinya dan ganti dengan baterai yang baru.
Letak Baterai CMOS Laptop
Letak Baterai CMOS Laptop
Mengganti Baterai CMOS dengan yang Baru
Mengganti Baterai CMOS dengan yang Baru
Mengganti Baterai CMOS dengan yang Baru
Mengganti Baterai CMOS dengan yang Baru
Usahakan seng yang menempel tidak terpotong ketika dilepas agar mudah ditempelkan kembali pada baterai yang baru. Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...